Rabu, 29 Desember 2010

Bantuan Rehab Rumah Korban Merapi Cair

Klaten, CyberNews. Warga lereng Gunung Merapi di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang yang rumahnya rusak sedang dan ringan akibat erupsi, Selasa (28/12), bisa bernapas lega. Pasalnya, setelah menerima sapi ganti dari pemerintah pusat mereka juga menerima dana rehab rumah sebesar Rp 5 juta/ rumah.
''Pemkab berharap rumah segera diperbaiki sehingga kehidupan kembali normal,'' ungkap Asisten Administrasi, Drs Edi Hartanta MM, Selasa (28/12) usai menyerahkan bantuan ke warga.
Bantuan diserahkan ke warga di rumah Kadus I Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Jainu. Puluhan warga hadir dan menyambut gembira bantuan tersebut.
Edi Hartanta menjelaskan, bantuan tersebut memang tidak seberapa besar. Namun dia berharap bisa membantu warga yang rumahnya rusak ringan dan sedang. Terbatasnya dana, perbaikan rumah warga diharapkan dilaksanakan secara bergotong-royong baik antarwarga atau dengan bantuan relawan.
Total rumah yang diberikan bantuan sebanyak 55 unit di Dusun Balerante. Setiap rumah mendapatkan dana Rp 5 juta untuk dibelikan material sehingga total dana Rp 275 juta.
Seluruh dana tersebut menurutnya berasal dari bantuan kepedulian seluruh PNS Kabupaten Klaten yang dikumpulkan melalui satuan kerja perangkat daerah (SKPD) masing-masing. Untuk rumah yang rusak berat, kata dia, akan dipikirkan kemudian setelah rumah yang rusak sedang dan ringan dibenahi bertahap.
Kades Balerante, Kecamatan Kemalang, Sukono mengatakan warga sangat berterima kasih dengan bantuan tersebut. ''Perbaikan rumah akan dilakukan dalam waktu dekat dan sisanya akan bertahap,'' ujarnya.
Menurutnya, 55 unit yang rusak sedang dan ringan masih bisa diperbaiki dalam waktu dekat. Namun untuk yang 167 unit di enam dusun belum dilakukan rehab. Saat ini desa masih mendata yang rusak berat. Diharapkan pada awal bulan Januari sudah ada data valid dan akan segera ada keputusan untuk merehabnya.
Di sampung itu, Kadus I Desa Balerante, Jainu ternak ganti dari pemerintah sudah diterima seluruhnya. ''Ternak ganti sudah ditangan warga semuanya dan terakhir sebanyak 45 ekor,'' jelasnya.
Ternak sebanyak 328 ekor untuk Desa Balerante bagi 121 warga sudah semuanya lengkap. Warga saat ini tengah fokus membuat kandang. Hanya saja kendala utama adalah ketersediaan pakan sebab baru sebagian rumput yang kembali tumbuh di tegalan. Bantuan pakan dan obat bagi ternak yang sakit sangat diharapkan warga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar